Review Smartphone Sony Xperia M4 Aqua





Review: Smartphone Sony Xperia M4 AquaSony Mobile lagi-lagi mengagetkan para pecinta smartphone di seluruh dunia. Perusahaan besarasal Jepang itu meluncurkan produk terbaru mereka, Sony Xperia M4 Aqua pada bulan Juni 2015 lalu.

Saat melihat harga resminya, saya tersenyum. Untung saja harganya terjangkau (sekitarRp. 3.999.000). Kalau begitu, handphone ini sangat layak untuk saya koleksi secepatnya.

Apa saja kelebihan smartphone ini? Mari kita membahasnya satu per satu.

1. Smartphone Dengan Sertifikat IP65 dan IP68
Saya percaya, Sony selalu mengutamakan kualitas dalam produk-produk yang mereka buat. Oleh karena itu, saya tidak merasa heran jika produk Sony ini lolos sertifikasi IP65 dan IP68.

Dengan adanya sertifikat tersebut, Xperia M4 Aqua tidak diragukan lagi kehandalannya. Terutama dalam hal ketahanannya terhadap debu dan air. Sewaktu saya mengeceknya di situs Sonymobile.com, saya terpana. Oh tidak, handphone ini rupanya bisa dipakai di dalam air sedalam 1,5 meter, selama 30 menit. Luarbiasa.

Kalau begitu, saya tidak akan takut kehujanan sambil membawa smartphone ini. Kenapa harus takut, direndam di air saja tidak rusak, apalagi cuma terkena percikan air hujan. Bukan hanya itu, kawan. Jika gadget ini kotor, saya pun tidak akan ragu untuk membersihkannya dengan air.

Meskipun demikian, ada peringatan yang diberikan oleh Sony untuk para pengguna gadge tini. Sebelum menggunakan port USB, pastikan itu dalam keadaan kering. Kalau masih basah, jangan buru-buru dipakai. Selanjutnya, pastikan pula tutupan SIM Card dan SD Card ditutup dengan baik. Tujuannya yaitu agar air tidak masuk kedalam nya saat handphone ini jatuh kedalam air.



2. Kameranya Heboh
Katanya, kamera smartphone buatan Sony mantab. Dan, ternyata itu bukan gosip belaka. Itu memang betul. Bayangkan saja, Sony Xperia M4 Aqua ini saja dilengkapi dengan dua kamera. Kamera bagian depan 5 MP dan kamera bagian belakang 13 MP Superior Auto.

Kamera bagian depan dilengkapi dengan lensa yang lebarnya sampai 88°. Karena lebar sekali, saya jadi merasa nyaman menggunakannya untuk foto selfie bareng kawan-kawan semua.



Kamera bagian belakang merupakan kamera yang paling canggih di handphone ini. Gambar yang dihasilkan kamera ini bening banget. Bahkan resolusinya bisa menyentuh angka 4128 x 3096 piksel, alias 13 MP. Wow. Itu belum ditambah lampu LED Flash yang bisa menerangi kita saat berfoto di tempat yang gelap. Selain bisa digunakan secara manual, kamera ini pun bisa digunakan secara otomatis, kawan.


Jangan lupa, kedua kamera ini pun bisa pula dipakai untuk merekam video. Kamera depan, walaupun tidak secanggih kamera belakang, tapi bisa dipakai untuk merekam video dengan kualitas 720p Full HD. Sedangkan kamera belakang bisa dipakai untuk shoot video dengan kualitas lebih baik, 1080p Full HD.

Aplikasi-aplikasi untuk mengedit foto pun disediakan oleh Sony, seperti AR Effects, Style Portraits, dan lain-lain.

3. Dilengkapi Dengan Baterai Berukuran 2400mAh
Dengan baterai tersebut, smartphone ini mampu bertahan selama 64 jam saat digunakan untuk mendengarkan musik saja. Saat dipakai untuk melihat video HD saja, gadget ini bisa tetap hidup selama 7 jam. Kemampuannya memang layak diacungi dua jempol.

Dan ternyata dalam handphone ini terdapa tfitur energy saving yang dahsyat. Salah satu fitur itu terjadi secara otomatis saat kita mematikan cahaya layar smartphone ini. Pada kondisi demikian, smartphone ini akan masuk dalam modus siaga (standby mode). Yang mana modus itu akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan di background. Tapi, smartphone ini masih bisa digunakan untuk menerima panggilan masuk, sms, dan alarm.

Selain modus siaga, adalagi modus yang lebih menghemat penggunaan baterai, yaitu modus Ultra Stamina. Jika modus ini diaktifkan, maka handphone hanya dapat dipakai untuk dua kegiatan saja, menelpon dan mengirim sms.


4. Performanya Semakin di Depan
Performa Xperia M4 Aqua layak dianugerahi gelar juara. Dengan didukung oleh prosesor 64-bit capable Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939 octa-core SoCdan RAM 2 GB, produk ini mampu meraih banyak poin dalam ujicoba benchmark yang dilakukan oleh Geekbench 3.



5. Memory Internal Hingga 8 GB
Saya sempat membaca beberapa kritik tentang memori internal dalam Xperia M4 Aqua. Dalam kritik itu disebutkan bahwa memori yang tersedia tidak sampai 8 GB. Saya kira pengkritik itu salah paham.

Dari total memori internalnya yang berjumlah 8 GB, sebagian nya digunakan untuk menyimpan sistem operasi Android Lollipop (5 GB), dan juga dipakai untuk menyimpan beberapa aplikasi pra-instal. Jadi wajar jika jumlah memori yang tersisa hanya 2,8GB.


6. Layar Yang Menyenangkan Mata
Besarnya ukuran layar yaitu 5 inci dengan resolusinya mencapai 720p. Karena itulah, layar Sony Xperia M4 Aqua benar-benar nyaman untuk dipandangi. Gambarnya di layar tidak buram dan berwarna cerah.

Bahkan, layar ini juga sangat responsif terhadap sentuhan tangan kita. Oleh karenanya, kita tidak akan mungkin mengeluh saat menggunakannya dalam tempo lama.


7. Konektivitas 2G/3G/4G
Seperti yang mungkin telah anda tahu dari berita, bahwa smartphone ini hadir dengan dua versi kartu SIM, yaitu single SIM dan dual SIM. Untuk yang dijual di Indonesia adalah yang Single SIM.

Kedua versi itu bisa terkoneksi dengan jaringan internet 2G/3G/4G. Dan bisa pula terkoneksi melalui Wifi b/g/n dan Wifi Direct.


0 Response to "Review Smartphone Sony Xperia M4 Aqua"

Post a Comment